JERUK NIPIS

JERUK NIPIS

Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah, dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3–6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) adalah tanaman yang berasal dari Asia dan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropis. Jeruk nipis merupakan salah satu tanaman yang berasal dari famili Rutaceae dengan genus Citrus.

Sari buah jeruk nipis banyak mengandung air, berasa sangat asam, vitamin C, zat besi, kalium, gula dan asam sitrat. Sari buahnya yang sangat asam berisi asam sitrat berkadar 7-8 % dari berat daging buah.

Secara taksonomi, tanaman Citrus aurantifolia termasuk dalam klasifikasi sebagai berikut : Kingdom : Plantae Divisi : Spermatophyta Subdivisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledonae Ordo : Rutales Famili : Rutaceae Genus : Citrus Spesies : Citrus aurantifolia Swingle.

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis memiliki pH asam 2,48-2,5.

Ciri-ciri jeruk nipis diantaranya yaitu:

  1. Memiliki bentuk lonjong atau bulat.
  2. Agak runcing bi bagian pucuk buah.
  3. Berwarna hijau dan juga kekuningan.
  4. Sulit dibuka secara langsung karena kulitnya tebal.
  5. Memiliki daging tebal dan tidak serabut bagian dalam.
  6. Bijinya berbentuk bulat oval.
  7. Memiliki rasa asam atau tidak manis.

Potensi efek samping jeruk nipis

Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami masalah asam lambung setelah makan jeruk nipis atau minum jus jeruk karena keasamannya. Gejala pencernaan lainnya mungkin termasuk asam lambung naik, mual, muntah, dan kesulitan menelan.

Manfaat jeruk nipis :

  1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.
  2. Melancarkan pencernaan.
  3. Mengatasi gangguan saluran pernapasan.
  4. Menurunkan resiko terkena kanker.
  5. Menurunkan berat badan.
  6. Mencegah diabetes.
  7. Menjaga kesehatan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar