DAUN MINT

 DAUN MINT

Pepermin adalah tumbuhan yang sebagian besar ditanam di Eropa. Tanaman ini telah digunakan untuk keperluan pembuatan obat-obatan selama bertahun-tahun. Pepermin terkenal ampuh meredakan sakit perut, dan sering kali digunakan sebagai bahan utama dalam minuman hangat seperti teh.

Daun mint adalah salah satu tanaman herbal yang kerap dimanfaatkan untuk menambah rasa. Selain itu, daun ini juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaatnya, antara lain mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan sistem imun.

Daun mint memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, seperti:

1). Diet :Daun mint memiliki kandungan kadar kalori yang rendah dan kaya serat. Kandungan serat yang ada di daun mint dapat membantu merancang enzim pencernaan. Hal inilah yang menjadikan manfaat daun mint untuk kesehatan pencernaan patut dijadikan andalan. Kandungan-kandungan ini akan sangat berdampak pada sistem kerja sistem pencernaan dan memengaruhi penurunan berat badan. Hal ini berguna sebagai pelarut lemak dan dapat menyediakan nutrisi secukupnya bagi tubuh. Agar program diet lebih lancar, minum olahan teh mint sehari dua kali, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

2). Bau Mulut: Mint memiliki sifat antibakteri sehingga manfaat daun mint untuk kesehatan mulut dapat diandalkan. Daun mint bisa menyingkirkan bau mulut ketika dikonsumsi. Konsumsi daun mint bisa menjadikannya teh hangat atau mengunyahnya secara langsung. Daun mint sangat membantu kesehatan mulut secara keseluruhan. Mengunyah daun mint menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut, dan membersihkan endapan plak pada gigi. Napas yang segar membuat siapa saja lebih percaya diri.

3). Nyeri Menyusui: Bagi ibu yang sedang menyusui, mengalami nyeri sudah menjadi risiko yang pasti terjadi. Nyeri ini biasanya disebabkan karena puting susu yang pecah atau terluka. Untuk bisa mengatasinya, manfaat daun mint untuk kesehatan bisa dijadikan solusi. Daun mint bisa digunakan sebagai obat oles agar bisa meredakan nyeri di area puting susu.

4). Sakit Kepala: Sakit kepala biasanya dipicu oleh otot-otot kepala yang tegang. Ketika mengalami masalah seperti ini, manfaat daun mint untuk kesehatan bisa dijadikan pilihan. Daun mint akan merilekskan otot yang tegang dan neuron yang tertarik. Manfaat ini bsia didapat dengan menghirup aroma dan obat oles mentolnya. Tak hanya rasa sakit tak tertahankan yang bisa diredakan. Melainkan pikiran stres dan letih bisa dirilekskan karenannya. 

5). Menjaga kesehatan gigi : Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pasta gigi atau obat kumur yang mengandung daun mint dapat memberikan efek segar pada mulut dan pernapasan. Selain itu, daun mint pada pasta gigi dan obat kumur juga bermanfaat untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi, gusi dan dinding mulut.

6).  Meringankan kram menstruasi : Mengonsumsi minuman teh dengan campuran daun mint diyakini dapat mengurangi kram menstruasi. Sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa ekstrak daun mint memiliki efek yang serupa dengan obat-obatan pereda nyeri haid.

7). Mengatasi gangguan pencernaan : Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa minyak daun mint sangat efektif dalam meredakan keluhan akibat gangguan pencernaan. Salah satunya adalah akibat irritable bowel syndrome (IBS), yaitu suatu gangguan kronis yang menyerang usus besar. Hal ini karena minyak daun mint mengandung menthol, yaitu senyawa alami yang dapat memberikan efek relaksasi pada otot saluran pencernaan. Selain minyak daun mint, teh dengan campuran daun mint juga dapat memberikan efek serupa.

8.) Meningkatkan fungsi otak :Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak daun mint dapat meningkatkan fungsi otak Anda, terutama dalam mengingat. Akan tetapi, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar