Daun Kemangi

 DAUN KEMANGI

Kemangi merupakan tanaman berwarna hijau dengan aroma yang khas. Karena aromanya, tanaman ini kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Bahkan, sayuran hijau ini juga kerap dijadikan lalapan dengan berbagai macam makanan. Selain itu, daun kemangi juga dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman tahunan ini tumbuh liar dan dapat ditemukan di tepi jalan dan di tepi kebun. Tanaman ini tumbuh ditempat tanah terbuka maupun agak teduh dan tidak tahan terhadap kekeringan. Tumbuh kurang lebih 300 m di atas permukaan laut.

Ciri Morfologi Kemangi

Daunnya tunggal, berwarna hijau dan memiliki pertulangan menyirip. Letak daun berhadapan, tangkai daun berwarna hijau dan panjangnya antara 0,5-2 cm. Helaian daun berbentuk oval, ujungnya meruncing dan pangkalnya tumpul, serta tampak bergelombang.

Manfaat Daun Kemangi

Daun kemangi dipercaya juga dapat mencegah kanker. Manfaat ini disebabkan kandungan fitokimia, sehingga mampu membantu dalam melindungi berbagai kanker yang menyerang tubuh. Beberapa jenis kanker ini, seperti kanker paru-paru, kanker hati, kanker mulut, dan kanker kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar