PASAK BUMI

PASAK BUMI



Pasak bumi atau tongkat ali adalah tumbuhan pohon berkhasiat yang dapat ditemukan di hutan-hutan Malaysia dan Indonesia bagian barat. Akar pasak bumi terkenal berkhasiat sebagai afrodisiak, dianggap sebagai jamu untuk kejantanan pria.

Ciri khas utama kayu pasak bumi adalah tidak memiliki akar lain kecuali satu akar tunjang yang biasanya tumbuh lurus menancap ke dalam tanah. Ciri – ciri lainya adalah batang kayu bagian atas juga tidak bercabang dan tidak memiliki ranting. Batang pokoknya menyatu utuh dari ujung akar hingga pucuk batang atas.

Pasak bumi adalah tumbuhan liar yang banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan di dataran rendah sampai ketinggian 500 m dari permukaan laut. Penyebaran pasak bumi meliputi Kalimantan, Sumatera, Jawa, Semenanjung Malaya, Burma Selatan, Laos, Kamboja, dan Vietnam.


Manfaat kayu pasak bumi di beberapa negara seperti India dan Malaysia, dipakai untuk mengontrol kadar gula darah dan mengatasi diabetes. Terdapat studi yang menyebutkan bahwa konsumsi tanaman herbal ini dapat membantu menurunkan, sekaligus mengendalikan kadar gula dalam darah dan memperbaiki fungsi hormon insulin.


Efek samping pasak bumi yang tergolongan ringan, di antaranya mudah menimbulkan sifat marah, mudah gelisah, serta insomnia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar